Lembar
Kerja 5.1
PENGOLAHAN
NILAI SIKAP
(25 menit)
A.
Tujuan
1.
Peserta dapat mendeskripsikan
nilai sikap spiritual.
2.
Peserta dapat mendeskripsikan
nilai sikap sosial.
B. Petunjuk
1. Bentuk kelompok dengan jumlah
anggota ......... orang
(dapat dalam kelompok yang sudah dibentuk) untuk mencermati LK 8.1dengan
baik.
2. Kerjakan
LK 8.1secara berkelompok dengan penuh tanggung jawab.
3. Selama
mengerjakan LK 8.1 silakan untuk berdiskusi dengan sesama anggota kelompok.
4.
Setelah selesai mengerjakan LK 8.1 paparkan hasil pekerjaan kelompok di depan kelompok lain.
5. Lakukan
konfirmasi terhadap hasil kerja kelompok.
- Bahan
Deskripsikan sikap spiritual dan sikap
sosial berdasarkan data dari
jurnal spiritual dan jurnal sosial yang
tersedia
pada LK 8.1 pada lembar pengolahan
nilai sikap di bawah ini!
PENGOLAHAN NILAI SIKAP
Jurnal
Sikap Spiritual/Karakter Religius
No
|
Waktu
|
Nama
Peserta Didik
|
Catatan
Perilaku
|
Nilai
Karakter Religius
|
Ttd
|
Tindak Lanjut
|
1
|
||||||
Deskripsi
Sikap Spiritual
No
|
Nama
|
Deskripsi Nilai sikap spiritual
|
Jurnal Sikap Sosial
No
|
Tanggal
|
Nama Peserta Didik
|
Catatan
Perilaku
|
Nilai Karakter
|
Ttd
|
Tindak Lanjut
|
1
|
11-10-18
|
Lutfi rasyiq
|
Dia melemparkan buku temannya saat
diminta.
|
tidak peduli
|
L
|
Diberikan nasehat agar memperbaiki
sikapnya (PB)
|
2
|
12-10-18
|
Ryo dan syauqi
|
Berani maju presentasi tanpa
diminta
|
Percaya diri
|
J
|
SB
|
3
|
13-10-18
|
Najwa reta
|
Mencalonkan diri menjadi ketua
osis.
|
kendel
|
J
|
SB
|
4
|
14-10-18
|
amirudin
|
Saat berkelompok, dia hanya ikut
nulis nama tanpa ikut mengerjakan tugas.
|
Tidak tanggung jawab
|
L
|
Diberikan nasehat untuk merubah
perilakunya (PB)
|
Deskripsi
Sikap Sosial
No
|
Nama
|
Deskripsi Nilai Sikap Sosial
|
1
|
Lutfi
rasyiq
|
Memiliki sikap jujur,
disiplin, tanggung jawab, gotong royong, percaya diri, dan santun yang baik.
Sedang memperbaiki sikap dalam aspek kepedulian
|
2
|
Ryo dan
syauqi
|
Memiliki sikap kepercayaan
diri yang sangat baik
|
3
|
Najwa
reta
|
Memiliki sikap kepercayaan
diri yang sangat baik
|
4
|
amirudin
|
Sedang memperbaiki sikap
dalam aspek tanggung jawab.
|
SELAMAT
BEKERJA
Lembar
Kerja 5.2
PENGOLAHAN NILAI
SIKAP SPIRITUAL DAN SOSIAL OLEH
WALI KELAS
( 25 MENIT )
A. Tujuan
1.
Peserta dapat mengolah nilaisikapspirituil
sebagaiwalikelas.
2.
Peserta dapat mengolah
nilai sikap sosial sebagai wali
kelas.
B. Petunjuk
1. Bentukkelompokdengan
jumlah anggota...orang
(dapatdalamkelompok yang sudahdibentuk) untukmencermati LK 8.2
dengan baik.
2. Selama
mengerjakan LK 8.2, silakan untuk berdiskusi dengan sesama anggota kelompok.
3. Setelah
selesai mengerjakan LK 8.2, paparkan hasil pekerjaan kelompok di depan kelompok
lain.
4. Lakukan
konfirmasi terhadap hasil kerja kelompok
- Bahan
Didapat data sebagaiberikut, silakanmengolah data
tersebutmenjadisebuahdeskripsipenilaiansikap
Di dapat data
deskripsidari guru mapelsebagaiberikut.
1. Deskripsinilaisikapmatapelajaran IPA atasnamaArianasebagaiberikut.
Sikapspiritual/nilai
karakter religius :selalubersyukur, selalu berdoa sebelum
melakukan kegiatan, toleran
pada pemeluk agama yang berbeda, ketaatan beribadah mulaiberkembang
Sikapsosial: sangatsantun,
sangatpeduli, dan sangat percaya
diri;jujur, disiplin; dan tanggungjawabmeningkat.
2. Deskripsinilaisikapmatapelajaran
IPSatasnamaArianasebagaiberikut:
Sikapspiritual/Nilai
karakter religius: Selalubersyukur, selalu berdoa sebelum
melakukan kegiatan; toleran pada pemelukagama
yang berbeda;
dan ketaatan beribadah meningkat
Sikapsosial: Santun, peduli,
dan percaya diri; kejujuran, kedisiplinan, dan tanggungjawabmeningkat.
3. DeskripsinilaisikapmatapelajaranmatematikaatasnamaArianasebagaiberikut
Sikapspiritual/Nilai
karakter religius: Selalu
berdoa sebelum melakukan kegiatan, selalu bersyukur; toleran pada pemeluk agama
yang berbeda; danketaatan beribadah mulaiberkembang;
Sikapsosial: sangat
santun dan sangat peduli; percaya diri,
jujur dan disiplin; tanggungjawabmeningkat.
4. DeskripsinilaisikapmatapelajaranbahasaInggrisatasnamaArianasebagaiberikut
Sikapspiritual/Nilai
karakter religius:Selalubersyukur, selalu berdoa; toleran
pada pemelukagama yang berbeda;dan ketaatan beribadah mulaiberkembang.
Sikapsosial: sangat
peduli dan percaya diri; santun,
jujur, disiplin; dan tanggungjawabmulai berkembang
5. DeskripsinilaisikapmatapelajaranbahasaIndonesia atasnamaArianasebagaiberikut
Sikapspiritual/Nilai
karakter religius:Selalubersyukur, selalu berdoa sebelum
melakukan kegiatan; taat beribadah; dantoleran
pada pemelukagama lainmulaiberkembang.
Sikapsosial: Sangatsantun,
peduli, dan percaya diri; jujur,
disiplin; dan tanggungjawabmeningkat.
Di dapat data deskripsidari guru BK
sebagaiberikut:
1. DeskripsinilaisikapatasnamaArianasebagaiberikut:
Sikapspiritual/Nilai
karakter religius: Selalubersyukur, selalu berdoa sebelum
melakukan kegiatan; toleran pada pemelukagama
yang berbeda;ketaatan
beribadah mulaiberkembang
Sikapsosial: Sangatsantun,
peduli, dan percaya diri; jujur,
disiplin; dan tanggungjawabmeningkat
Predikat
dan deskripsinilaisikapatasnamaAriana
Predikat
|
Deskripsi
|
SELAMAT BEKERJA
Lembar
Kerja 5.3
PENGOLAHAN PENILAIAN
( 25 MENIT )
A. Tujuan
1. Peserta
dapat mengolah
hasil penilaian harian;
2. Peserta dapat mengolah nilai raport ranah
pengetahuan;
3. Peserta dapat membuat deskripsi berdasarkan hasil
penilaian akhir (HPA).
B. Petunjuk
1. Bentukkelompokdenganjumlah
anggota... orang
(dapatdalamkelompok yang sudahdibentuk) untukmencermati LK 8.3
dengan baik.
2. Kerjakan LK
8.3 secara berkelompok dengan penuh tanggung jawab.
3. Selama mengerjakan
LK 8.3, silakan untuk berdiskusi dengan sesama anggota kelompok.
4. Setelah
selesai mengerjakan LK 8.3, paparkan hasil pekerjaan kelompok di depan kelompok
lain.
5. Lakukan konfirmasi
terhadap hasil kerja kelompok
- Bahan
HitunglahNilai rata rataPenilaianHarian
Didapat data nilaipengetahuansebagaiberikut.
No.
|
Nama
|
PH-1
|
PH-2
|
PH-3
|
PH-4
|
PH-5
|
PH-6
|
||||
KD
|
|||||||||||
3.1
|
3.2
|
3.3
|
3.4
|
3.5
|
3.6
|
3.6
|
3.7
|
3.8
|
|||
1
|
Ani
|
||||||||||
2
|
Budi
|
||||||||||
Hitunglah hasil penilaian akhir (HPA)
nilai pengetahuan dan tentukan predikatnya!
Nama
|
HPH
|
HPTS
|
HPAS
|
HPA
|
HPA Pembulatan
|
Predikat
|
Ani
|
..........
|
|||||
Budi
|
........
|
|||||
...
|
Berdasarkan hasil pengolahan akhir (HPA) nilai
pengetahuan, buatlah contoh deskripsinya!
SELAMAT BEKERJA
Lembar
Kerja 5.4
PENGOLAHAN
NILAI KETRAMPILAN
( 25 MENIT )
A. Tujuan
1. Peserta
dapat mengolah nilai keterampilan;
2. Peserta dapat mendiskripsikan nilai keterampilan.
B. Petunjuk
1. Bentukkelompokdenganjumlah anggota…orang (dapatdalamkelompok yang sudahdibentuk) untukmencermati LK8.4
dengan baik.
2.
Selamamengerjakan LK 8.4, silakanuntukberdiskusidengansesamaanggotakelompok.
3.
Setelahselesaimengerjakan LK 8.4, paparkanhasilpekerjaankelompok di depan kelompok lain.
4.
Lakukan konfirmasi terhadap hasil kerja kelompok.
C. Bahan
Hitunglahnilaiakhirketerampilandanberikanpredikatnya
KD
|
Praktik
|
Produk
|
Proyek
|
Portofolio
|
Skor Akhir KD*
|
Predikat
|
||||
4.1
|
||||||||||
4.2
|
||||||||||
4.3
|
||||||||||
4.4
|
||||||||||
4.5
|
||||||||||
4.6
|
||||||||||
Nilai Akhir Semester :
...…….
Pembulatan :
………..
|
||||||||||
Deskripsikannilaiketerampilantersebut.
PELAPORAN HASIL BELAJAR
( 30 MENIT )
A. Tujuan
1. Peserta
dapat menyusunlaporanpenilaianhasilbelajar.
B. Petunjuk
1. Bentuk kelompok dengan anggota ... orang (dapat dalam kelompok
yang sudah dibentuk) untuk mencermati LK 8.5 dengan baik.
2. Selama mengerjakan
LK 8.5, silahkan untuk berdiskusi dengan sesama anggota kelompok.
3. Setelah
selesai mengerjakan LK 8.5, paparkan hasil pekerjaan kelompok di depan kelompok
lain.
4. Lakukan konfirmasi
terhadap hasil kerja kelompok
- Bahan
Masukkandeskripsisikap spiritual
dan sosial yang
sudahdikerjakanpada LK 8.1 padalembarrapor di
bawahini!
PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA
Nama Sekolah
: ________________ Kelas : ________
Alamat : ________________ Semester :
1 (Satu)
Nama
:
________________ Tahun
Pelajaran : ________
Nomor
Induk : ________________
A. Sikap
1. Sikap Spiritual
![]() |
2. Sikap Sosial
Masukannilaiakhirpengetahuandan
keterampilansertadeskripsinya
yang sudahtekerjakanpada LK 8.1 padalembarrapor di bawahini!
![]() |
SELAMAT BEKERJA


Tidak ada komentar:
Posting Komentar