Sabtu, 30 April 2016

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Keanekaragaman Hayati

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Jenjang Sekolah               :  SMA
Mata Pelajaran                 :  Biologi
Kelas / Semester              :  X / I
Materi                              :  Berbagai Tingkat Keanekaragaman Hayati
Alokasi waktu                  :  2 X 45’ ( 1 x Pertemuan )

A.      Kompetensi  Inti:
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.  Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar
2.2 Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.2  Menganalisis data hasil observasi tentang berbagai tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis dan ekosistem) di Indonesia beserta ancaman dan pelestariannya
4.2 Menyajikan hasil observasi berbagai tingkatan keanekaragaman hayati (gen, jenis dan ekosistem) di Indonesia dan usulan upaya pelestarian keanekaragaman hayati berdasarkan hasil analisis data ancaman kelestarian berbagai keanekaragaman hewan dan tumbuhan khas Indonesia yang dikomunikasikan dalam berbagai bentuk media informasi.

C.       Indikator
1.      Merumuskan konsep keseragaman dan keberagaman dari makhluk hidup melalui kegiatan pengamatan terhadap lingkungan sekitar sekolah
2.      Mengidentifikasi ciri-ciri berbagai tingkat keanekaragaman pada tingkat gen, jenis, dan ekosistem di lingkungan sekitar sekolah
3.      Mendeskripsikan tingkatan keanekaragaman pada tingkat gen, jenis, dan ekosistem di lingkungan sekitar berdasarkan hasil pengamatan
4.      Menyebutkan hasil pengamatan keanekaragaman hayati di lingkungan sekitar sekolah melalui diskusi presentasi
5.      Membuat peta konsep materi keanekaragaman hayati pada tingkat gen, jenis, ekosistem di lingkungan sekitar sekolah berdasarkan hasil diskusi.
D.      Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui kegiatan diskusi siswa dapat menunjukan sikap ilmiah yaitu aktiv dan rasa ingin tahu
2.      Melalui kegiatan pengamatan terhadap lingkungan sekitar sekolah siswa mampu merumuskan konsep keseragaman dan keberagaman dari makhluk hidup dengan benar
3.      Melalui pengamatan siswa mampu menyebutkan ciri-ciri berbagai tingkat keanekaragaman pada tingkat gen, jenis, dan ekosistem di lingkungan sekitar
4.      Melalui diskusi siswa mampu mengenali berbagai tingkat keanekaragaman di lingkungan sekitar dengan benar
5.      Menyebutkan hasil pengamatan keanekaragaman hayati di lingkungan sekitar sekolah melalui diskusi presentasi.

E.       Materi Pembelajaran
1.      Keanekaragaman hayati terjadi karena adanya perbedaan faktorgenetik dan factor lingkungan di sekitarnya.
2.      Setiap sistem lingkungan memiliki keanekaragaman yang berbeda. Keanekaragaman hayati ditunjukkan antara lain, variasi bentuk, ukuran, jumlah (frekuensi), warna, dansifat-sifat lain makhluk hidup, sedangkan keseragaman adalah ciri yang sama yang terdapat dalam satu spesies.
3.      Keanekaragaman hayati dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu keanekaragaman gen, keanekaragaman jenis, dan keanekaragaman ekosistem.
4.      Keanekaragaman Gen mengekspresikan berbagai variasi dari satu jenis makhluk hidup, seperti tampilan pada bunga bougenvil merah dengan putih, ukuran daun, tinggi pohon, dsb.
5.      Keanekaragaman jenis adalah keanekaragaman pada spesies yang berbeda. Keanekaragaman jenis pada mikroorganisme seperti Saccharomyces sp dan Rhizopus sp , pada tumbuhan seperti kelapa ,pinang, sawit, Sedangkan pada hewan contohnya kucing dan macan.
6.      Keanekaragaman ekosistem terjadi karena adanya komponen abiotik suatu lingkungan yaitu  letak pada garis lintang dan bujurnya, ketinggian tempat, iklim, kelembaban, suhu, kondisi tanah dsb. Keanekaragaman ekosistem mengakibatkan keanekaragaman hayati

F.    Metode Pembelajaran
a. Pendekatan                               : scientific approach
       b. Model Pembelajaran                : Jelajah Alam Sekitar (JAS)
       c. Metode Pembelajaran               : Diskusi Interaktif

G.  Langkah-langkah Pembelajaran
      
a. Kegiatan Awal ( 10 menit)
1.      Mereview pelajaran sebelumnya dengan bertanya, “masih ingat kemarin kita belajar tentang apa?”
2.      Apersepsi : guru mengawali materi tentang keanekaragaman dengan menunjukkan bunga bougenvil merah, pink, putih. (engagment)
3.       Menyampaikan “good question” dengan pertanyaan ‘apa ini?’ ,apa perbedaannya?’ ‘Kenapa sepertiitu?’ ‘jadi hari ini kita akan belajar tentang?’(Q/A)
4.       Siswa menerima informasi kompetensidan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

b. Kegiatan Inti ( 60 menit)
Mengamati (scientific approach) :
1.      Siswa mengamati keanekaragaman lingkungan sekitar secara berkelompok
2.      Sebelum melakukan pengamatan sisiwa dibagikan lembar kerja siswa untuk mengarahkan siswa dalam melakukan pengamatan
3.      Siswa mengamatikeanekaragaman hayati di lingkungan sekitar sekolah. (exploration)
4.      Siswa mengamati lalu mencatat makhluk hidup apa saja yang ditemukan di lingkungan sekitar sekolah.
5.      Siswa mendiskusikan hasil pengamatan dengan kelompoknya masing-masing.
6.      Siswa mengelompokan makhluk hidup yang ditemukan di sekitar halaman sekolah kedalam beberapa tingkat dari gen, jenis dan ekosistem. (eksplorasi/mengumpulkan data)
7.      Perwakilan kelompok maju untuk mempresentasikan hasil diskusi. (mengkomunikasikan)
8.      Kelompok yang lain mencocokan (mengkoreksi) dan memberikan saran perbaikan untuk penyempurnaan. (mengasosiasikan)
9.      Siswa memperbaiki hasil laporan berdasarkan diskusi dengan kelompok yang lain. (menerapkan)
10.  Siswa bersama guru, mengidentifikasi dan tingkat keanekaragaman hayati. (mengidentifikasi)
11.  Siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas hasil diskusi mereka tentang tingkat keanekaragaman hayati.(explanation)
12.  Siswa menyempurnakan kembali hasil diskusi tingkat keanekaragaman hayati berdasarkan umpan balik dari guru. (elaboraiton)

c.       Kegiatan Akhir ( 15 menit)
1.      Siswa bersama guru menyimpulkan tentang materi keanekaragaman hayati di lingkungan sekitar sekolah. (menyimpulkan)
2.      Siswa melakukan refleksi pembelajaran dengan membuat journal refleksi diri.
3.      Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membuat peta konsep tentang materi keanekaragaman hayati di lingkungan sekitar sekolah. (evaluation)
4.      Siswa menyimak informasi mengenai tindak lanjut pembelajaran (pembelajaran untuk pertemuan berikutnya)

H. Media dan Sumber Belajar
     a. Media                 : Lembar Diskusi Siswa (LDS)
     b. Sumber Belajar  : - Lingkungan Sekitar sekolah
- Campbell, Neil dkk. 2008. Biologi Edisi Kedelapan Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
- Irnaningtyas. 2013. Biologi untuk SMA/MA Kelas X Kelompok Peminatan Matematikan dan Ilmu Alam. Jakarta: Erlangga. Halaman 38 – 61.
- Video tentang keanekaragaman hayati tingkat gen, jenis, ekosistem. https://www.youtube.com/watch?v=p4elb5s1SW8
- Lembar kegiatan siswa

I.  Penilaian
Jenis Penilaian : Penilaian Autentik (Tertulis)

Sikap  sosial  dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung   menggunakan teknik observasi, dengan alat berupa lembar observasi.
Pengetahuan dilakukan di awal dan selama pembelajaran dengan teknik wawancara, setelah pembelajaran dengan menggunakan tugas peta konsep dengan soal tes tulis uraian.
Ketrampilan dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung  dengan menggunakan teknik observasi, dengan menggunakan checklist.

Lampiran 1: Penilaian Sikap Ilmiah
Instrumen Observasi :          Digunakan untuk menilai sikap ilmiah siswa dalam hal rasa ingin tahu dan aktif saat melakukan pengamatan keanekaragaman hayati di lingkungan sekitar sekolah.

Lembar Observasi:
No.
Aspek yang dinilai
Skor
K
C
B
SB
1.
Rasa ingin tahu




2.
Aktif





Rubrik Penilaian:
Aspek yang dinilai
Penilaian
K
C
B
SB
Rasa Ingin Tahu
Tidak pernah bertanya saat pengamatan
Bertanya ketika di tunjuk oleh guru
Bertanya dengan guru saat pengamatan
Sering bertanya kepada guru dan teman saat melakukan pengamatan
Aktif
tidak presentasi di depan kelas dan tidak berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan di hadapan guru dan teman-temannya
Tidak presentasi di depan kelas dan hanya berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan di hadapan teman kelompok saja
presentasi di depan kelas namun ragu-ragu dalam  berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan di hadapan guru dan teman-temannya
presentasi di depan kelas dan berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan di hadapan guru dan teman-temannya

LEMBAR OBSERVASI SIKAP
No
Nama Siswa
Penilaian
Kritis
Rasa Ingin Tahu
1.



2.



3.



dst





A    : apabila nilai 76-100
B    : apabila nilai 66-75
C    : apabila nilai 51-65
D    : apabila nilai 1-50


Lampiran 2: Penilaian Pengetahuan
Tes Tulis:       Digunakan untuk menilai pengetahuan siswa dalam sub materi pokok keanekaragaman hayati Indonesia
No.
Indikator
Butir Instrumen
  1.  


  1.  


  1.  




Lampiran 3 : Penilaian Ketrampilan
Penilaian Observasi:              Digunakan untuk menilai ketrampilan siswa dalam hal membuat laporan dan mengomunikasikan hasil diskusi keanekaragaman hayati di sekolah.

Lembar Observasi:
No.
Aspek yang dinilai
Penilaian
K
C
B
SB
A.
Mengomunikasikan hasil pengamatan

1.      .
Penguasaan konsep sains yang disampaikan




2.      .
Penampilan




3.      .
Kemampuan menyimpulkan




B.
Pembuatan peta konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem

4.       
Kreativitas




5.      .
Materi





Rubrik Penilaian:
No.
Aspek yang dinilai
Penilaian

K
C
B
SB

1. Melakukan penyelidikan

a.
Kelengkapan lembar diskusi
Laporan tidak lengkap dari segi isi maupun sistematika penulisan.
Laporan kurang lengkap dan tidak sesuai dengan sistematika penulisan laporan.
Laporan kurang lengkap namun sesuai dengan sistematika penulisan laporan.
Laporan lengkap dari awal sampai akhir sesuai sistematika penulisan laporan.

b.
Kemampuan menganalisis
Tidak bisa menganalisis data pengamatan
Data yang diperoleh sudah di analisis namun belum menggunakan sumber pustaka yang jelas
Data yang diperoleh sudah di analisis namun sumber pustaka yang digunakan kurang lengkap
Data yang diperoleh di analisis secara jelas menggunakan berbagai sumber jelas

c.
Kemampuan menyimpulkan
Tidak bisa menyimpulkan laporan
Kesimpulan dituliskan tidak sesuai dengan hasil analisis
Kesimpulan sudah sesuai dengan hasil analisis namun kurang jelas
Kesimpulan dituliskan dengan jelas mengacu teori dan hasil analisis

2. Mengomunikasikan hasil penyelidikan
a.
Penguasaan konsep sains yang disampaikan
tidak menguasai konsep IPA dengan sangat baik, istilah-istilah yang digunakan tidak tepat
kurang menguasai konsep IPA, istilah-istilah yang digunakan kurang tepat
menguasai konsep IPA dengan baik, istilah-istilah yang digunakan benar,
menguasai konsep IPA dengan sangat baik, istilah-istilah yang digunakan benar dan tepat
b.
Performance 
Penyampaian tidak mudah dipahami, tidak komunikatif dengan audiens, tidak memberi kesempatan audiens untuk berpikir
penyampaian tidak mudah dipahami, kurang komunikatif dengan audiens, kurang  memberi kesempatan audiens untuk berpikir
penyampaian mudah dipahami, komunikatif dengan audiens, kurang memberi kesempatan audiens untuk berpikir
penyampaian mudah dipahami, sangat komunikatif dengan audiens, memberi kesempatan audiens untuk berpikir



Penilaian Proses

No
Aspek yang  dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.       Terlibat aktif dalam pembelajaran (observasi)
b.      Bekerja sama dalam kelompok kegiatan
c.       Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
Pengamatan
Selama pembelajaran dan diskusi
2.
Pengetahuan
a.       Menjelaskan tentang keanekaragaman pada tingkat gen, jenis, dan ekosistem.

Pengamatan dan tes
Penyelesaian tugas individu dan kelompok
3.
Keterampilan
a.       Terampil dalam konsep dan manfaat keanekaragaman hayati terhadap kesetabilan lingkungan
b.      Laporan hasil pengamatan keanekaragaman hayati di lingkungan sekitar sekolah
Pengamatan
Penyelesaian tugas (baik individu atau kelompok)

a.       Bentuk  Penilaian
- Ulangan
b.      Alat Penilaian
-          Soal
c.       Instrumen Penilaian
Kemampuan membuat laporan hasil pengamatan keanekaragaman hayati di lingkungan sekitar sekolah.

No
Aspek yang dinilai
Skor (1 – 5)**
1
Perencanaan:
a.       Pemumusan tema
b.      Kesesuaian tema dengan judul
c.       Keseuaaian judul dengan tujuan

2
Pelaksaanan:
a.       Sistematika Penulisan
b.      Keakuratan sumber yang di tulis
c.       Analisis data
d.      Penarikan kesimpulan

Total Skor


**Skor diberikan kepada peserta didik tergantung dari ketepatan dan kelengkapan jawaban yangdiberikan. Semakin lengkap dan tepat jawaban, semakin tinggi perolehan skor.




LEMBAR  KERJA SISWA
keanekaragaman hayati


Instrumen Penilaian Lembar Diskusi Siswa



Kelompok                  :
Kelas                           :
Nama Anggota          :
1.                                                                     4.
2.                                                                     5.
3.
KD                  : Menganalisis data hasil obervasi tentang berbagai tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis dan ekosistem)
Tujuan
Mengidentifikasi keanekaragaman hayati di lingkungan sekolah

Masalah
Makhluk hidup diciptakan dengan keunikan yang menyebabkan bervariasi. Misalkan bunga mawar memiliki berbagai macam warna bunga mulai dari merah, kuning, pink, oranye, dan lain sebagainya. Perbedaan tersebut menyebabkan suatu keanekaragaman. Dalam suatu ekosistem yang kompleks terdiri dari keanekaragaman yang terdiri atas komponen biotik dan abiotik. Di lingkungan sekolah juga mempunyai keanekaragaman hayatidan terdiri atas komponen biotik dan abiotik. Bagaimanakan bentuk keanekaragaman hayati di lingkungan Sekolah? Amati dan catatlah dalam tabel pengamatan!

Pesan Moral : “Jagalah lingkunagn di sekitarmu agar keanekaragaman hayati tetap lestari”
Cara kerja     :
a.  Temukan beberapa jenis hewan dan tumbuhan yang ada di lingkungan sekitarmu misal , di halaman sekolah, kebun, kolam atau di sawah
b.  Amati disekitar lingkungan sekolah dan catat semua mahluk hidup yang anda temui di sekolah selama 30 menit!
Perhatian :Jangan memetik bunga dan memotong tanaman saat kegiatan! pakailah jas praktikum!
c.  Kelompokkan makhluk hidup yang kalian temukan tersebut menjadi dua kelompok, yaitu :  1). Kelompok hewan, dan2). kelompok tumbuhan
d. Masukkan hasil pengamatan tersebut dalam tabel beikut :
               Hasil Pengamatan Terhadap Keanekaragaman hayati di lingkungan sekitar sekolah
            Lokasi :..........................  Waktu pengamatan :.........................(pagi/siang)
No
Nama Organisme
Bentuk tubuh / Bagian tubuh
Ukuran tubuh
Warna Tubuh / Bagian tubuh
Cara redroduksi
Tempathidup
1.
2.
3.
Dst.










5.   Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut :
a.       Sebutkan persamaan ciri-ciri hewan yang sejenis maupun yang berbeda jenis antar kelompok
b.      Sebutkan perbedaan ciri-ciri hewan yang sejenis maupun yang berbeda jenis antar kelompok
c.       Sebutkan persamaan ciri-ciri tumbuhan yang sejenis maupun yang berbeda jenis antar kelompok
d.      Sebutkan perbedaan ciri-ciri tumbuhan yang sejenis maupun yang berbeda jenis
e.       Sebutkan faktor-faktor apa saja yang menentukan pesamaan dan perbedaan ciri-ciri dan sifat pada kelompok hewan dan tumbuhan tersebut.
f.       Jika demikian, bagaimana keanekaragaman makhluk hidup tersebut dapat terbentuk?              
d.      Pedoman Penilaian
1)      Penilaian hasil belajar
Essay : Penyekoran bersifat holistik dan komperhensif, tidak saja memberi skor untuk jawaban akhir, tapi juga proses pemecahan yang terutama meliputi pemahaman, penulisan, penalaran (logis), serta ketepatan strategi memecahkan masalah.

2)      Lembar diskusi siswa

Lembar observasi penilaian keterampilan peserta didik dalam hal melakukan observasi, menyajikan hasil observasi dan mengkomunikasikan hasil observasi.
Aspek yang dinilai
-          Melakukan pengamatan
-          Menyajikan data dalam bentuk tabel
-          Menganalisis dan menyimpulkan
-          Manjawab pertanyaan dalam LDS

Lembar Observasi:
No.
Aspek yang dinilai
Baik
Cukup
Kurang
1.     
Melakukan pengamatan



2.     
Menyajikan data dalam bentuk tabel



3.     
Menganalisis dan menyimpulkan



4.     
Manjawab pertanyaan dalam LDS




Rubrik Penilaian:
No.
Aspek yang dinilai
Baik
Cukup
Kurang
1.     
Melakukan pengamatan
Melakukan pengamatan sesuai prosedur
Melakukan pengamatan tidak sesuai prosedur
Tidak melakukan pengamatan
2.     
Menyajikan data dalam bentuk tabel
Menyajikan data dalam tabel pengamatan dengan baik dan benar
Menyajikan data dalam tabel pengamatan dengan baik
Menyajikan data dalam bentuk tabel
3.     
Menganalisis dan menyimpulkan
Menganalisis data pengamatan dan menyimpulkan sendiri (kelompok)
Dapat manganalisis dan menyimpulkan dengan bantuan guru
Tidak mampu menganalisi dan menyimpulkan
4.     
Manjawab pertanyaan dalam LDS
Mampu menjawab semua pertanyaan dengan benar
Mampu menjawab setengah  pertanyaan dengan benar
Menjawab pertanyaan tetapi salah

Keterangan:
-          Baik                       : skor 3
-          Cukup                   : skor 2
-          Kurang                  : skor 1
-          Total skor              : 12 skor
-          Skor maksimal       : 12 skor
-          Skor minimal         : 4 skor

No.
Rentang skor sikap kerjasma
Keterangan
1.     
10-12
Baik
2.     
7-9
Cukup
3.     
4-6
Kurang

Kepala Sekolah                                                                                      Guru Mata pelajaran




(...............................................)                                                           ( Ahmad A. Salam S.Pd )






LAMPIRAN 9.

SOAL ULANGAN HARIAN KEANEKARAGAMAN HAYATI
NAMA                        :
KELAS                       :



  1. Pilihlah jawaban yang paling tepat.
1.      Keanekaragaman hayati tingkat gen dapat ditunjukkan pada variasi-variasi  tumbuhan berikut kecuali ……
a.       mawar merah – mawar putih    
b.      jeruk bali – jeruk nipis
c.       kelapa hijau – kelapa gading    
d.      Mangga arumanis- mangga golek
e.       pisang raja – pisang kepok
2.      Faktor-faktor yang menyebabkan keanekaragaman species antara lain ....
a.       genetik dan makanan   
b.      tingkah laku dan genetik
c.       habitat dan makanan                
d.      lingkungan dantingkah laku
e.       genetik dan lingkungan
3.      Daerah hutan hujan tropis di Indonesia memiliki ciri-ciri ....
a.       hutan lebat dan homogen                     
b.      banyak pohon berukuran kecil
c.       banyak semak dan rumput
d.      banyak pohon besar dan heterogen
e.       didominasi tumbuhan kaktus
4.      Garis yang memisahkan fauna Indonesia bagian barat dengan bagian tengah adalah garis .....
a.       Wallace                         d.  lintang
b.      Weber                           e.  bujur
c.       khatulistiwa
5.      Berikut ini yang termasuk fauna tipe asia adalah .....
a.       Anoa                             d. komodo
b.      Badak                            e. kanguru
c.       Burung cendrawasih
6.      Buah mengkudu memiliki nilai manfaat keanekaragaman hayati berupa .....
a.       Sandang                                    d. budaya
b.      Papan                            e. kosmetik
c.       obat
7.      Dibawah ini adalah aktivitas manusia yang dapat menyebabkan hilangnya keanekaragaman hayati kecuali .....
a.       ladang berpindah          
b.      Membuat cagar alam
c.       memburu hewan langka           
d.      Introduksi species
e.       pertambangan
8.      Salah satu usaha menjaga keanekaragaman hayati adalah .....
a.       penanaman secara monokultur 
b.      membuang limbah ke sungai
c.       menangkap ikan dengan bahan peledak
d.      perburuan hewan
e.       pemuliaan hewan dan tumbuhan
9.      Contoh pelestarian secara in situ adalah .....
a.       taman safari      d. Kebun koleksi
b.      cagar alam         e. Taman wisata
c.       kebun raya
10.  Perlindungan alam yang dibiarkan tanpa campur tangan manusia adalah .....
a.       perlindungan alam terbimbing
b.      perlindungan alam umum
c.       perlindungan alam ketat
d.      perlindungan hutan
e.       perlindungan botani

  1. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar.
  1. Jelaskan tentang keanekaragaman tingkat jenis dan beri contohnya 2.
  2. Jelaskan 3 diantara nilai keanekaragaman hayati dan contohnya
  3. Jelaskan perbedaan ciri fauna tipe asia dan tipe australia
  4. Sebutkan 4 usaha untuk menjaga keanekaragaman hayati
  5. Jelaskan tata cara pemberian nama species dan contohnya
  6. Sebutkan tujuan klasifikasi
  7. Sebutkan urutan takson dari yang rendah sampai yang tinggi untuk tumbuhan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar